GIMP Software Buat Edit Foto (Mudah dan Berkualitas)

~

Pengenalan Toolbar pada GIMP.
saya ingin berbagi tentang nama dan fungsi tools standard yg biasa saya gunakan ketika mengedit sebuah Bitmap atau Vector pada Gimp. Secara keseluruhan gambarnya seperti ini :

Pada Menu File, Dialogs terdapat optional – optional yang membantu mempermudah kita dalam mengedit..
Next, saya hanya menjelaskan yang umum dipakai saja.

1. Select (patch)


ke 6 tools di atas pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, dibuat berbagai jenis dengan maksud mempermudah user untuk melakukan seleksi. Seleksi digunakan untuk memisahkan gambar yg ingin kita manipulasi dari gambar aslinya.

2. Color Picker


Klo tools yang di atas, digunakan untuk memilih warna secara otomatis, misalnya anda mau memilih warna kulit manusia, karena takut pemilihan warnanya kurang cucok atau kurang tepat, maka anda bisa menggunakan tools di atas dengan cara mengklik di atas warna kulit yang anda kehendaki.

3. Modification Object


Biasanya saya gunakan untuk sebuah gambar atau object yg ingin saya besar – kecil, miring kanan – kiri, membesarkan bagian bawahnya – atasnya saja, hadap kiri – kanan.

4. Gradient / Gradasi


Tool ini dipakai untuk memberi efek gradasi, pada tutorial berikutnya saya akan memberikan penjelasan yang lebih detail.

5. Kuas dan Pensil


Fungsinya sama seperti kuas dan pensil yang biasa kita gunakan sehari – hari hanya saja yang sehari – hari bisa dimasukkan ke tas, klo yang ini cuma ada di komputer (heheheheheh…).

6. Eraser


Tools ini untuk menghapus object, misalkan anda ingin menghilangkan telinga anda, boleh – boleh saja klo anda tidak merasa malu. Heheheh…

7. Healing


Nah, ini obat ganteng, alias tool yg berguna untuk melakukan transformasi koordinat – koordinat dgn hasil yg halus, sebagai contoh anda ingin menghilangkan tahi lalat, anda tinggal tekan tombol Ctrl + klik di daerah yang tidak ada tompel nya (yg mulus, tapi jangan daerah2 terlarang yah), CTRL + Klik hanya untuk mengambil source / sample. Next, diklik ke tahi lalat yg ingin dihilangkan.

8. Blur


Blur tool digunakan untuk melebarkan pixel agar menjadi samar – samar.

Demikian penjelasan beberapa tools yg digunakan dalam software ini. Untuk lebih jelas dan mahir silahkan coba sendiri. Selamat bereksperimen....



Download File

0 komentar:

Posting Komentar

PERHATIAN==JIKA== TERJADI== KERUSAKAN == PADA== LINK == HARAP == SEGERA DILAPORKAN == UNTUK PERBAIKAN

Welcome To Geney Ryodan Blog

Selamat datang di Blog saya, semoga blog saya yang sederhana dan simple ini dapat membantu menemukan apa yang teman-teman cari. Mungkin blog saya menggunakan kata-kata yang simple dan tidak banyak basa-basi seperti blog yang lainnya. Ini saya lakukan agar menjadi lebih efektif dan teman-teman juga bisa langsung kepada apa yang sedang di cari. Thanks to Visit My Blog.

Sekilas Tentang Penulis

Nama saya "FATKHUR RAHMAN". Saya seorang Mahsiswa S1 FKIP Jurusan Matematika di Universitas Borneo Tarakan. Hobi saya adalah blogging dan ingin memberikan yang terbaik bagi sobat blogger.

Social Stuff

Me